Angka Kecelakaan di Jalan Tol Cipali Sepanjang 2020 Menurun

Berita

Bandung. Angka kecelakaan yang terjadi jalan tol Cipali sepanjang 2020 disebut menurun. Hal tersebut karena adanya upaya dari pengelola jalan tol dan Stakeholder terkait untuk menekan angka kecelakaan di tol tersebut.

“Dengan upaya yang sudah dilakukan oleh ASTRA Tol Cipali, hingga akhir November 2020 terjadi penurunan data kecelakaan sebesar 6,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Coorporate Communication & CSR Dept. Head PT Lintas Marga Sedaya (Astra Tol Cipali) dalam keterangannya, Kamis (10/12/2020).

Berbagai upaya yang dilakukan pihak pengelola yakni melalui beberapa aspek layanan keselamatan salah satunya program 3E (Educational, Engineering dan Enforcement).

Pada sisi Enforcement, pengelola menggandeng berbagai pihak seperti Kementerian Perhubungan dan Polda Jabar dalam melakukan penindakan batas kecepatan atau speed gun setiap dua bulan sekali.

“Tidak hanya itu, setiap tiga bulan sekali dilakukan penindakan odol (overdimension dan overload) kepada kendaraan golongan 3-5,” katanya.

Sementara dari sisi Engineering, pengelola sudah melakukan pemasangan pagar pembatas yang terbuat dari baja atau wire rope sepanjang 79 kilometer sampai akhir Desember 2020 yang ditargetkan akan terpasang keseluruhan sepanjang 106 kilometer di tahun 2021.

“Sebagai pilot project, Astr Tol Cipali juga memasang marka speed reducer dengan jenis Chevron dan Dragon Teeth sepanjang 500 meter di empat lokasi sebagai rambu peringatan dan imbauan berhati-hati dalam berkendara. Astra Tol Cipali juga memasang dua buah alat timbang otomatis (weight in motion) di Km 74 dan Km 178 arah Jakarta-Palimann yang berfungsi untuk mendeteksi golongan kendaraan yang melintas untuk mendeteksi di ruas tol Cipali,” tuturnya.

Terakhir program Educational, secara massive dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial yang berisi informasi keselamatan berkendara.

“Di sepanjang ruas tol Cipali telah dipasang spanduk imbauan dan variable message sign (VMS) yang bertujuan sebagai media informasi kepada para pengguna jalan yang terkait dengan imbauan, peringatan dan kondisi lalu lintas terkini Astra Tol Cipali,” katanya.

sumber detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *