Anugerah Penghargaan LEPRID untuk Kapolda Jateng, Motivasi Baru Bagi Advokasi Road Safety di Setiap Daerah

Road Safety

Di era multimedia dan kebebasan pers ini sudah saatnya kepolisian lalu lintas berkompetisi dalam inovasi. Tak hanya inovasi dalam pelayanan administrasi , pengawasan maupun penegakan hukum lalu lintas, inovasi dalam advokasi masyarakat juga sangat dibutuhkan.

Road safety adalah sebuah istilah baru dalam capaian utama dalam kerja Korlantas. Untuk mencapai kondisi zero accident atau nol kecelakaan di setiap daerah harus ada kerja optimal dari setiap Dirlantas Polda dalam membangun kesadaran masyarakat.

Penghargaan dari Leprid (Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia) baru saja diterima Kapolda Jateng atas prestasi pengarahan Talkshow Serentak di enam kota di propinsi Jawa Tengah. Dirlantas Polda Jateng juga menerima penghargaan sebagai penyelenggara Talk Show di radio secara serentak di enam kota di propinsi Jawa Tengah yang bertema Road Safety Guna Mewujudkan Smart City di Provinsi Jawa Tengah, pada Senin 21 September 2020 ini.

Talkshow radio yang diadakan secara serentak di Kota Semarang, Surakarta, Magelang, Banyumas, Tegal, dan Pati itu adalah salah satu cara efektif dalam komunokasi massa di keenam wilayah tersebut. Meskipun kini era digital, medium siaran radio masih didengarkan oleh masyarakat setempat.

Talkshow yang diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-65 Lalu Lintas Bhayangkara yang jatuh pada tanggal 22 September 2020 ini bisa menjadi motivasi bagi Dirlantas Polda lainnya untuk inovatif sekaligus intensif dalam memberikan advokasi kepada masyarakat. Setiap wilayah sudah pasti memiliki karakternya masing-masing yang membuat cara advokasi berbeda-beda.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda mengatakan bahwa tema Road Safety Guna Mewujudkan Smart City di Provinsi Jawa Tengah harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab agar bermanfaat untuk bangsa dan negara. “Saya mengapresiasi kota Semarang menjadi kota terbersih di Asia Tenggara,” tambahnya.

Advokasi teknologi digital lewat siaran radio ini adalah salah satu konvergensi media. Jika ada pendengar radio yang masih gagap teknologi digital maka akan diarahkan untuk mengena teknologi Smart City. Dalam hal ini kapolda juga berharap kota-kota tersebut mengikuti perkembangan di era digital untuk membuat kota menjadi kota yang cerdas.

Bukan mustahil jika penghargaan ini mendorong program marathon advokasi road safety di seluruh wilayah polda di indonesia. (red-RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *