Begini Simulasi Kecelakaan Motor di Tol Bali Mandara

Berita Keselamatan 2020

Tol di atas laut yakni Tol Bali Mandara menjadi salah satu tol yang bisa dilintasi oleh pengendara motor, risiko kecelakaan akibat angin kencang dari laut mungkin saja terjadi.

Untuk itu para petugas terus melakukan simulasi kecelakaan lalu lintas agar jika terjadi kecelakaan para petugas sigap menanggapinya.

Simulasi kali ini digambarkan dengan kejadian pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan dan terjun ke laut. Humas PT Jasamarga Bali Tol, I Gandi Ginantra kepada detikOto menjelaskan ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk melakukan pertolongan pertama.

“Penanganannya, secara garis besar saja saat terjadi kecelakaan sepeda motor dengan korban dan kendaraan jatuh ke laut. Kita punya alat khusus yang mampu menarik korban yang jatuh ke bawah korban langsung dilarikan ke RS terdekat. Kendaraan yang jatuh pun di angkat lalu di pos derek kami dan nanti akan kita serahkan ke kepolisian. Secara garis besar seperti itu,” kata I Gandi.

I Gandi menjelaskan memang ada SOP (Standard Operating Procedure) penyelamatan yang harus dilakukan para petugas dalam melakukan penyelamatan saat terjadi kecelakaan.

“Perlu diketahui juga kita juga punya standar pengamanan SOP-nya yaitu tidak boleh lebih dari 30 menit (untuk melakukan pertolongan dan evakuasi), kasus terberat apapun tidak boleh lebih dari 30 menit dan rata-rata penanganan kami itu 15 menit TKP (Tempat Kejadian Perkara) sudah clear,” ujar I Gandi.

“jadi bagaimana saat ada kecelakaan lalu lintas harus tetap berjalan, tentu kami juga melakukan himbauan-himbauan kepada setiap pengendara seperti mengurangi kecelakaan selain itu kita juga ada rambu-rambu khusus sehingga lalu lintas tetap berjalan,” I Gandi menambahkan.

sumber detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *