Berada diatas Laut, Tol Bali Mandara Hampir Tidak Ada Kecelakaan Motor

Berita Peristiwa

Tol Bali Mandara merupakan salah satu jalan bebas hambatan yang berada di atas laut dan dinyatakan sangat aman bagi pengendara sepeda motor. Karena berdasarkan data yang ada, jika dipersentasikan kecelakaan sepeda motor di tol Bali Mandara hanya mencapai 0,00 sekian per tahunnya.

Seperti yang disampaikan Humas PT Jasamarga Bali Tol, I Gusti Ginantra mengatakan angka kecelakaan sepeda motor di tol Bali Mandara sangat kecil sekali.

“Kalau dipresentase kan itu 0,00 sekian, sangat kecil sekali kejadian setiap tahunnya. Lalu Lintas di Tol Mandara itu setiap harinya ada 50.000 kendaraan per hari yang melintas dan itu dikalikan 365 hari, kecelakaannya setahun itu tidak lebih dari 30 kasus baik motor dan mobil, itu tidak lebih,” kata I Gusti.

I Gusti menjelaskan kecilnya angka kecelakaan tidak lepas dari SOP (Standard Operating Procedure) yang diterapkan pada tol Bali Mandara.

“Kami punya standar khusus dan pelayanan SOP-nya agar tidak terjadi kecelakaan. Misalnya karena di atas laut lalu angin lagi kencang maka kami akan memberhentikan terlebih dahulu pengendara motor agar tidak melintasi tol terlebih dahulu,” kata I Gusti.

“Lalu bagaimana kita mengetahui kecepatan anginnya? Kita punya alat animometer yaitu alat pengukur kecepatan angin dari situ baru kita bisa menentukan apakah boleh atau tidak pengendara motormelintas. Misalnya kecepatan angin 80 km/jam maka pengendara itu tidak boleh masuk, karena standar angin itu 60 km/jam. Jika kecepatan angin itu 80 km/jam maka motor tidak boleh masuk dan harus menunggu terlebih dahulu di gerbang sampai angin normal kembali,” I Gusti menambahkan.

Selain itu kecilnya angka kecelakaan juga tidak lepas dari aturan seberapa cepat kendaraan boleh melintas di jalan tol di atas laut seperti Mandara.

“Selama ini pengendara motor mematuhi rambu-rambu lalu lintas di jalan dan pengguna jalan selalu mendengarkan imbauan kita. Kecepatan motor itu maksimal 40 km/jam dan kalau mobil 80 km/jam,” tutup I Gusti.

sumber : detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *