Catatan Operasi Patuh 2020, Didominasi Kegiatan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Road Safety

Dua pekan sudah operasi patuh digelar di setiap wilayah. Berbagai jenis pelanggaran dan gangguan lalu lintas ditertibkan oleh petugas. Kali ini tak cuma keselamatan tapi keamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar jadi pertimbangan kebijakan di masing-masing Polda. 

Yang dilakukan oleh Satlantas Polres Kotamobagu di Sulut adalah di antaranya. Dalam dua pekan Polres ini berhasil menertibkan knalpot bising pada mobil dan juga sepeda motor dalam Operasi Patuh Samrat 2020 yang berakhir pada Rabu (05/08). Penertiban dilakukan sudah sesuai aturan.

“Karena penggunaan knalpot bising itu melanggar aturan, dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya,” ucap Kasatlantas Polres Kotamobagu, AKP Novita Citra, Selasa (04/08). Operasi

Diketahui bahwa pelangar ketentuan soal knalpot ini wajib mengganti knalpot bisingnya dengan knalpot standar.

Menurut seorang warga Kotamobagu, Didit Karinda, selama masa pandemi Covid-19 kepolisian belum mengadakan operasi penertiban lalu lintas hingga dua pekan ini. Menurutnya operasi patuh yang diinstruksikan kapolda untuk semua wilayah Sulut ini berjalan aman.

Lain cerita dari Satlantas Polres Sukoharjo di Jateng. Lewat Operasi Patuh Candi 2020 yang digelarnya, polres ini membagikan jamu dan masker gratis kepada pemohon SIM pada Rabu (05/08).

Operasi yang dipimpin oleh Kasatlantas Polres Sukoharji, AKP Marwanto, ini selain digelar di Kantor Pelayanan SIM juga digelar di pasar Ir Sukarno, Sukoharjo. Sebelumnya, para pemohon SIM dan pengunjung pasar dicek suhu tubuhnya dengan thermo gun di pintu masuk Kantor Pelayanan SIM dan pintu masuk pasar tersebut.

Sementara itu Direktorat Lalu Lintas Polda NTB melakukan operasi patuh Gatarin 2020 selama dua pekan sejak 23 Juli 2020 lalu. Di operasi ini Polda NTB berhasil menertibkan pengendara sepeda motor tanpa helm. Operasi ini pun berhasil menekan angka pelanggaran jenis ini.

Menurut Dirlantas Polda NTB, Kombes Pol Noviar SIK, pelanggaran pengendara tanpa helm SNI menurun dibandingkan periode yang sama di tahun 2019. Penurunannya sekitar 64 % atau sejumlah 2.128 pelanggaran di tahun 2020 dari 6.034 pelanggaran di tahun sebelumnya.

Sementara itu pelaksanaan Operasi Patuh di hampir semua wilayah Polda menekankan pada penertiban protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Salah satunya adalah yang dilakukan Polres Cilacap, Jateng yang membagikan leaflet kepada para pengendara. Tak cuma itu, tim Satlantas polres ini juga memasang spanduk, menyebarkan brosur dan stiker informasi mengenai Covid-19.

Dalam sesama area pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020 yang digelar sejak pekan keempat di bulan Juli 2020 di area Polda Jateng, Polres Surakarta dan Polres Pekalongan juga melakukan hal yang serupa yaitu penertiban penerapan protokol kesehatan. 

Menurut Kapolres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K., M.Si, salah satu cara mendisiplinkan protokol kesehatan adalah lewat himbauan dan sosialisasi melalui media sosial dan radio. Ini dilakukan untuk mengajak masyarakat agar tertib berlalu-lintas dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Beliau berharap dengan berakhirnya Operasi Patuh ini kedisiplinan masyarakat tidak berkurang baik dalam tertib lalu lintas dan tertib protokol kesehatan (red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *