Darurat Corona, 115 Ruas Jalan di Jatim Ditutup Saat Jam Tertentu

Berita

Hampir seluruh wilayah di Jawa Timur menerapkan kawasan social distancing dan physical distancing antisipasi penyebaran Covid-19. Kawasan ditutup sementara untuk seluruh kendaraan dan aktivitas masyarakat pada jam dan waktu tertentu sebanyak 115 ruas jalan.

“Datanya yang sudah menerapkan jalur physical distancing sebanyak 36 Polres di 115 ruas jalan,” ungkap Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (30/3/2020).

Baca juga :
Cegah Penyebaran Covid-19, Poltabes Bandung Tutup Ruas Jalan Utama

Kapolri Instruksikan Jajaran Semprot Disinfektan Serentak Seluruh Indonesia 31 Maret

Saat disinggung apakah akan menambah jumlah wilayah yang ditutup sementara, Truno menyebut pihaknya masih melakukan evaluasi.

Jika dalam evaluasi, penerapan ini cukup efektif dalam mengantisipasi corona, rencananya akan ditambah di beberapa ruas jalan lain.

“Jadi itu nanti lihat dari hasil evaluasi. Tapi tidak menutup kemungkinan di daerah yg Orang Dalam Pemantauan (ODP) nya meningkat, ada yang terdeteksi positif, maka akan kita lakukan lagi (penambahan),” terang Truno.

Truno mencontohkan di Surabaya, ada dua ruas jalan yang telah diberlakukan penutupan sementara. Yakni di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo Surabaya yang dilakukan sejak Jumat (27/3) hingga Sabtu (28/3) pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB. Jalan ini juga ditutup untuk kendaraan dan segala aktivitas masyarakat pada Sabtu (28/3) sampai Minggu (29/3) pukul 10.00 sampai 14.00 WIB.

Sedangkan penentuan ruas jalan ini, dilakukan dengan melihat peta penyebaran corona di kawasan tersebut.

“Pertama, dua jalan (di Surabaya) itu kan dalam rangka uji coba dalam rangka menetapkan physical distancing dan social distancing. Di dua tempat itu juga ditentukan dari dari gugus tugas, karena ada yang positif corona,” lanjut Truno.

Sementara untuk kawasan permukiman warga yang menerapkan kawasan physical distancing di Jatim, sudah sebanyak 206 pemukiman. Truno mengatakan wilayah ini menerapkan pembatasan orang luar untuk masuk ke wilayahnya.

“Yang sudah melaksanakan kawasan Physical Distancing sebanyak 37 Polres pada 206 titik di wilayah pemukiman,” tandas Truno.

sumber: ntmcpolri.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *