Dirkamsel Korlantas : Lalu Lintas Dalam Perspektif Budaya, Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi

Berita

Apa sebenarnya makna lalu lintas secara pragmatis dan teoritas ? Dirkamsel Korlantas, Brigjen. Pol. Chryshnanda dalam video Q&A berjudul “Apa yang dimaksud dengan lalu lintas” menjelaskan secara ringkas dan padat.

“Secara pragmatis, lalu lintas dapat dimaknai sebagai gerak pindah dari suatu tempat ke tempat lain, baik itu manusia, barang dan lain sebagainya. Sedangkan secara teoritis lalu lintas diartikan sebagai “urat nadi kehidupan”, jelasnya.

Mengapa disebut “urat nadi kehidupan”? Menurutnya, karena suatu masyarakat hidup, tumbuh dan berkembang diperlukan produktifitas. Produktifitas dihasilkan oleh berbagai aktivitas, aktivitas ini dilakukan melalui lalu lintas.

“Sejalan dengan ini lalu lintas dituntut aman, selamat, tertib dan lancar”, tambahnya.

Chryshnanda juga menjelaskan, lalu lintas juga sebagai refleksi budaya bangsa, yaitu pengetahuan, keyakinan, konsep atau hal – hal yang diyakini, dimanfaatkan atau digunakan secara selektif dan prioritas akan tercermin pada perilaku atau tindakannya.

Selain itu, menurutnya lalu lintas juga cermin tingkat modernitas, artinya di era revolusi industri 4.0.

“Penanganan lalu lintas tak lagi pragmatis, sebatas faktual, konvensional atau manual namun penanganan lalu lintas secara virtual yang dikembangkan berdasarkan ilmu pengetahuan dan tehnologi”, pungkas Cryshnanda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *