Dirkamsel Korlantas: Road Safety Policing yang Didukung Sistem IT Diharapkan Dapat Melindungi Sumber Daya Manusia

Road Safety

Adalah hal rutin terjadi pelanggaran lalu lintas di setiap harinya. Tabrakan beruntun di jalan tol Cipali beberapa hari yang lalu hingga kasus masuknya pesepeda ke jalan tol Jagorawi merupakan kejadian lalu lintas yang disebabkan minimnya kesadaran akan Road Safety.

Pelanggaran lalu lintas yang menaikkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas perlu diatasi tak hanya oleh standar Road Safety tapi juga sistem yang memagari pengguna angkutan jalan.


Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol DR. Chryshnanda Dwi Laksamana M.Si, “Membahas lalu lintas angkutan jalan berarti membahas mengenai Road Safety. Road Safety sendiri adalah lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.” Menurut Chrysnanda, lalu lintas adalah urat nadi kehidupan.


Ia menambahkan bahwa Undang-undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UULAJ) mengamanatkan kita semua untuk mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar serta untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan.


Sementara itu menurutnya ketertiban lalu lintas ditunjukkan dalam hal tingkat kesadaran, tingkat kepatuhan terhadap aturan dan peraturan berlalu lintas.
Menurutnya lagi, pengguna angkutan lalu lintas bisa saja jadi korban atau pelaku pelanggar aturan yang merusak bahkan menghilangkan produktivitas diri sendiri dan orang lain.


Budaya tertib berlalu lintas bisa meminimalkan masalah lalu lintas yang ada di seputar kita baik itu perlambatan dan kemacetan hingga menimbulkan kecacatan.
Korlantas Polri kini menerapkan Road Safety Policing atau pemolisian berbagai masalah yang terjadi di lalu lintas secara virtual maupun aktual.


Road Safety Policing ini dielaborasi oleh tenaga yang handal di bidang IT yang mengoperasikan IT for Road Safety yang menghahsilkan electronic policing pada fungsi lalu lintas seperti, tilang elektronik dan sebagainya. Sistem IT ini berkaitan satu sama lain.


Lalu lintas yang tidak menerapkan road safety menimbulkan berbagai kerugian bagi masyarakat seperti kelambatan perjalanan hingga kecelakaan lalu lintas. Sementara itu, sumber daya manusia adalah aset utama bangsa. Maka secara menyeluruh bisa dikatakan road safety mampu melindungi aset bangsa. (red-RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *