Gelar Operasi Aman Nusa Progo II 2020, 138 Personil Polda DIY Dites Antigen dan Swap

Berita Keselamatan 2020

Yogyakarta – Gelar Operasi Aman Nusa Progo II 2020, sebanyak 138 personil Polda DIY  yang terlibat dalam operasi tersebut dilakukan pemeriksaan rapid antigen dan swab di halaman Mapolda DIY, Senin (26/10/2020).

Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto kepada pewarta menyampaikan kegiatan pemeriksaan ini rutin dilakukan secara berkala oleh Biddokkes Polda DIY.

“Anggota yang terlibat dalam operasi (Aman Nusa) pencegahan covid, sangat mungkin terpapar covid-19. Sehingga diperlukan pemeriksaan secara berkala,” ujarnya saat memantau kegiatan.

Kombes Pol Yuli menambahkan Operasi Aman Nusa Progo II 2020 fokus pada dukungan kepada Pemerintah Daerah untuk penertiban Peraturan Gubernur DIY nomor 77 tahun 2020 tentang penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian CoViD-19.

“Saat ini kita bersama Sat Pol PP rutin melakukan operasi Yustisi di beberapa titik keramaian dalam menegakkan Peraturan Gubernur,” ucapnya.

Sementara itu Kasubbid Kespol Biddokkes Polda DIY Kompol drg. Budi Santoso yang memimpin pemeriksaan rapid antigen dan swab kepada pewarta menyampaikan rapid antigen ini dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan melalui proses swab.

“Pemeriksaan rapid test antigen virus Corona memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan rapid test antibodi,” ujarnya.

Menurutnya walaupun tidak sebagus dengan tes PCR, di beberapa penelitian menunjukkan bahwa tes rapid antigen memiliki akurasi sekitar 70%.

“Selain dilakukannya pemeriksaan terhadap anggota yang terlibat Operasi Aman Nusa, direncanakan juga akan dilakukan terhadap anggota yang terlibat operasi Zebra Progo 2020 yang baru saja dimulai hari ini,” tutupnya.

sunber jogja.polri.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *