Himbauan Kanit Lantas Polsek Ngoro kepada Pengendara Sepeda Motor

Road Safety

Polsek Ngoro Jombang. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama pengguna jalan raya, pada pagi ini Kanit Lantas Polsek Ngoro, Jombang, Aiptu Sujarko nampak sibuk melakukan pengaturan lalu lintas di simpang tiga jalan Untung Suropati di desa Ngoro, kecamatan Ngoro, kabupaten Jombang. Rabu (30/09/2020).

Menurut Aiptu Sujarko, saat ini aspek kehidupan mengharuskan kita semua untuk bergerak cepat. Ada pepatah mengatakan bahwa waktu adalah uang sehingga seseorang harus benar-benar menggunakan waktu dengan bijak.

Ia menambahkan bahwa saat ini sepeda motor menjadi salah satu kebutuhan setiap orang untuk berpergian. Sepeda motor dinilai sebagai kendaraan cepat yang tidak peduli dengan kondisi macet karena dengan sepeda motor maka seseorang bisa tetap berjalan menyalip dan sampai tujuan.

Sepeda motor dinilai sebagai kendaraa yang praktis, ekonomis dan mudah digunakan. Baik para remaja, pelajar, mahasiswa, ibu-ibu maupun bapak-bapak sudah akrab menggunakan kendaraan ini. Namun sangat disayangkan, kendaraan roda dua ini yang banyak digunakan orang banyak justru menduduki tingkat terbesar kecelakaan di jalan raya.

Kecelakaan di jalan raya yang diterima sepeda motor bisa jadi karena kelalaian pengendara itu sendiri. Dalam hal ini, pengguna sepeda motor sebaiknya memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara sepeda motor.

Sayangnya, tidak semua pengendara sepeda motor memperhatikan hal ini, bahkan sebagian banyak mengabaikan hal penting ini. Padahal, memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan dalam berkendara bermanfaat untuk dirinya sendiri dan pengendara lain.

Kanit Lantas Aiptu Sujarko tak hanya melakukan pengaturan lalu lintas juga menyampaikan himbauan dan pesan-pesan Kamtibmas kepada pengguna jalan terutama pengendara kendaraan sepeda motor agar merasa aman dan nyaman serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, diantaranya adalah:

1. Menyiapkan kendaraan
Sebelum menggunakan sepeda motor, sebaiknya pengguna kendaraan mempersiapkan kendaraan mulai dari mengecek seluruh komponen kendaraan. Pastikan seluruh komponen dalam kondisi baik. Jika terdapat suku cadang yang perlu diganti maka gantilah segera jangan menunggu terlalu lama, karena Anda harus ingat bahwa hal yang di anggap sepele ini akan mengganggu dalam perjalanan hingga membahayakan keselamatan pengendara dalam berkendara.

2. Menggunakan perlengkapan keselamatan
Dalam mengendarai sepeda motor, penting menggunakan perlengkapan keselamatan seperti jaket, helm, celana panjang, masker, sarung tangan, sepatu dan lain sebagainya. Penggunaan perlengkapan tersebut akan membantu pengendara terlindungi selama perjalanan.

3. Sikap berkendara yang baik
Dalam berkendara sepeda motor sebaiknya memiliki sikap berkendara yang baik dimana duduk di atas sepeda motor dengan posisi lurus tegak namun tetap santai, pastikan pandangan ke depan, jangan mengangkat kedua kaki ke tempat lain dengan alasan apapun, jangan membonceng lebih dari satu orang dan barang bawaan yang berat.

4. Jaga jarak dalam berkendara
Saat berkendara sepeda motor, pastikan menggunakan kecepatan tertentu dalam setiap kondisi. Pengendara harus mengatur kecepatan sesuai kondisi yang ada. Dan perlu diingat jangan lupa jaga jarak dalam berkendara. Menjaga jarak akan membantu dari kecelakaan atau tabrakan akibat pengereman mendadak.

Untuk meminimalisir hal tersebut, maka sebagai pengendara yang cerdas sebaiknya mengamati kecepatan berkendara dan menyesuaikan dengan jarak yang ada di depan. Semakin tinggi kecepatan yang digunakan maka semakin jauh jarak yang perlu dipersiapkan.

5. Tetap fokus dan waspada
Dalam berkendara sebaiknya tetap fokus dan waspada dalam berkendara. Banyak pengendara merasa dirinya yakin akan memampuan berkendara yang dimilikinya, mereka terkadag merasa kecelakaan tidak mungkin terjadi. Namun perlu diketahui bahwa sikap demikian akan menciptakan kecerobohan dan kurang hati-hati. Perlu diingat sehebat apapun pengendara berkendara tetap perlu fokus dan waspada.

6. Patuhi aturan dan rambu lalu lintas
Yang terpenting dalam berkendara adalah patuhi segala aturan dan rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan. Gunakan lampu sein saat akan berbelok. Pastikan pengendara mematuhi segala aturan dan rambu lalu lintas yang ada”, tutur Kanit Lantas Aiptu Sujarko.

Sementara itu Kapolsek Ngoro AKP Yanuar, SH, mewakili Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, S.I.K, ketika dikonfirmasi awak media mengatakan “pengaturan lalu lintas pada pagi hari ketika masyarakat sibuk beraktivitas sangat membantu dan bisa dirasakan manfaatnya, sehingga kemacetan dan kecelakaan serta tindak kriminalitas dapat dicegah dengan kehadiran petugas kepolisian ditengah-tengah masyarakat”, pungkasnya. (red-RS)

*Tribratanewsjombang.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *