Ibunda Jokowi Wafat

Ibunda Presiden Jokowi Wafat di Solo

Berita

Ibunda Presiden Jokowi, Hj. Sudjiatmi tutup usia di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3).

“Innalillahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ibu Hj. Sudjiatmi Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Joko Widodo di Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pada pukul 16.45 WIB,” tulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Mendengar berita duka tersebut, Presiden Jokowi terbang ke Solo dan tiba pada pukul 17.52 WIB. Jokowi langsung menuju ruang IGD. Tak lama kemudian, jenazah ibunda dibawa ke rumah duka pukul 18.30 WIB.

“Seperti yang kita tahu bahwa, ibu ini sudah 4 tahun menderita sakit, yaitu kanker. Sudah berobat, ikhtiar di rumah sakit RSPAD Gatot Subroto, tetapi memang Allah sudah menghendaki,” ujar Jokowi saat menggelar konferensi pers di rumah duka.

Atas nama keluarga, Jokowi memohonkan doa agar segala kesalahan almarhum diampuni oleh Allah SWT dan khusnul khotimah.

“Acara pemakaman Insyaallah besok jam satu siang. Di pemakaman Mundu, Kabupaten Karanganyar. Atas nama keluarga besar saya ingin memohon doa agar segala dosanya diampuni Allah dan khusnul khotimah. Saya rasa itu yg bisa saya sampaikan. Terima kasih,” pungkas dia.

Rencananya, jenazah ibunda Jokowi akan dimakamkan di Karanganyar, Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB. Jenazah akan diberangkatkan dari rumah duka, Jalan Plered Raya No 9A, Sumber, Banjarsari, Solo ke pemakaman keluarga Mundu Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo.

Meski dirundung duka, Jokowi meminta seluruh menteri dan pejabat tinggi agar tetap fokus menangani penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Tadi ketika sore pukul 16.15.WIB, Pak Jokowi menyampaikan kepada kami, beliau juga mengimbau agar kami tetap berada di Jakarta, mendoakan, fokus terkait Covid-19 ini,” kata Fadjroel seperti dikutip dari wawancara Metro TV.

Menurut Fadjroel, dirinya pun tidak melayat ke Solo, tempat ibunda Jokowi disemayamkan. Hanya ada ucapan duka mendalam yang mengalir dari jauh.

“Karena saya masih menangani tiga fokus utama di tengah Covid-19. Saya ikut (arahan) Mensesneg. Pejabat tinggi negara menanyakan apakah akan ke sana, saya hanya bilang saya mengikuti imbauan dari Pratikno saja untuk tetap di Jakarta,” jelas dia.

1 thought on “Ibunda Presiden Jokowi Wafat di Solo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *