Ini Satlantas Polres Lombok Timur Lakukan Demi Antisipasi Gangguan Lalu Lintas Akibat Bencana Alam

Berita

Lombok, NTB – Akhir-akhir ini curah hujan yang tinggi disertai angin kencang melanda beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebabkan banyaknya kejadian seperti pohon tumbang dan tertutupnya ruas jalan oleh air yang menganggu arus lalu Lintas.

Menyikapi hal tersebut, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Timur Polda NTB dalam upaya mengahadapi musim penghujan, melaksanakan kegiatan apel kesiapan dan pemeriksaan kendaraan Dinas, Senin (7/12).

Dalam apel kesiapsiagaan yang dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Lombok Timur AKP Putu Gde Caka itu memeriksa beberapa  aspek yakni kelengkapan perseorangan anggota dalam menghadapi musim penghujan seperti Jas Hujan dan Apil.

“Kami juga melakukan pengecekan kendaraan dinas seperti kelayakan ban, fungsi wiper, fungsi lampu rotator, dan fungsi mesin lainnya agar dalam pelaksanaan tugas tidak menjadi hambatan,” ungkapnya.

Caka menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bukti kesiapan anggota Polri dalam hal ini Satlantas Polres Lombok Timur dalam menghadapi bencana akibat hujan yang disertai angin kencang. Ia juga menuturkan bahwa Apel siaga tersebut sebagai persiapan anggota dalam melaksanakan Operasi Lilin Rinjani Tahun 2020 mendatang.

“Kami dari Satlantas Polres Lombok Timur yang juga termasuk dalam tim Penanggulangan Bencana di Kabupaten Lotim harus siap siaga bilamana ada bencana alam yang terjadi,” jelasnya.

Kasatlantas Polres Lombok timur juga mengimbau kepada masyarakat agar siap dalam menghadapi musim hujan. Caka berpesan agar mengoptimalkan keselamatan dengan memeriksa kendaraan sebelum mengendarainya.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengutamakan keselamatan dengan mengecek kelayakan kendaraan terutama ban dan wiper. Hal ini bertujuan untuk menghindari kendaraan terselip.,” pungkas Kasat Lantas Lombok Timur.

Untuk diketahui Satlantas Polres Lombok Timur bersama Tim Penanggulangan bencana Lotim sampai dengan saat ini telah melakukan berbagai upaya pencegahan seperti memangkas pohon-pohon besar dipinggir jalan yang berpotensi tumbang ketika diterjang angin kencang dan hujan deras. Personel Satlantas Polres Lombok Timur juga tetap memberikan imbauan kepada masyarakat tentang keselamatan lalu lintas dimusim penghujan dan dimasa pandemi ini.

Upaya perabasan telah dilaksanakan. Semoga Kabupaten Lombok Timur tetap aman dan terhindar dari bencana.” Ucap Kasat Lantas Lombok Timur AKP Putu Gde Caka.

sumber http://tribratanews.ntb.polri.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *