Inovasi ” Qris ” Tranparansi Bayar PNBP SIM Polres Magelang Kota

Berita Road Safety

Untuk menunjang pelayanan publik di bidang permohonan SIM dan mempermudah pembayaran PNBP, Satpas 1453 Polres Magelang Kota membuat terobosan baru yang bernama Universal Untung Gampang Langsung (UNGGUL), pada pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) berbasis promoter.

“Program baru ini adalah kebijakan baru dari Kapolres Magelang Kota. Guna menunjang pelayanan publik, kami membuat terobosan baru yakni UNGGUL dengan metode quick response code Indonesian standard (QRIS) dengan pembayaran cashless atau melalui barcode,” kata Baur SIM Satlantas Polres Magelang Kota Aipda Agus Susanto saat ditemui di Kantor Satlantas Polres Magelang Kota Senin (30/11/2020).

Aipda Agus menambahkan terobosan baru ini bertujuan agar pelayanan dalam permohonan pembuatan atau perpanjangan SIM menjadi cepat, mudah dan transparan. “Selain mempermudah pembayaran, program ini juga menjadi upaya kami untuk mengurangi kontak fisik terutama dalam pembayaran. Apalagi di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Untuk saat ini, metode pembayaran melalui QRIS masih tahap sosialisasi. “Selama pelayanan, kami selalu melakukan sosialisasi program baru ini kepada masyarakat. Harapannya program ini dapat digunakan dalam proses mengurus SIM di Polres Magelang Kota,” harap Agus.

Adapun tahapan menggunakan QRIS, yakni setelah melaksanakan registrasi di loket pendaftaran, pemohon SIM bisa langsung melaksanakan pembayaran PNBP di loket 2 dengan menggunakan barcode dan membayarkan sesuai nominal jenis permohonan baru maupun perpanjangan.

“Untuk proses pembayaran melalui barcode ini, dapat menggunakan aplikasi OVO, DANA, LinkAja, Go Pay dan mobile banking yang sudah didukung dengan QR scanner,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *