Jelang Libur Panjang Pekan Depan, Ratusan Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk ke Jateng

Berita Road Safety

Semarang – Polda Jateng memprediksi akan banyak kendaraan pemudik yang masuk Jawa Tengah jelang libur panjang perayaan Maulid Nabi pekan depan. Terkait hal itu, Polda Jateng menyatakan telah mempersiapkan langkah antisipasi. 

“Untuk Jawa Tengah kami prediksi akan menerima pelimpahan arus kendaraan hampir mendekati 800 ribu,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng, Kombes Pol Syafirudin, di Kota Semarang, Jumat (23/10/2020). 

Kombes Syafirudin menuturkan, para pe itu diperkirakan masuk dari berbagai perbatasan Jawa Tengah dengan wilayah lain, seperti yang berbatasan dengan Jawa Timur dan Jawa Barat. Terkait hal itu, pihaknya mengaku telah mempersiapkan salah satu persiapan pengamanan, diantaranya yaitu penyediaan pos pantau. 

Ada empat pos pantau yang disediakkan, ada di Brebes untuk mengantipasi kendaraan yang melalui Cirebon, ada juga di Banyumas untuk mengantisipasi arus kendaraan dari Tasikmalaya, pos di Rembang yang berbatasan langsung Jawa Timur, dan terakhir pos pantau berada di Tol Kalikangkung.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan rest area yang berjumlah 16 titik. 

“Rest area itu Terbagi menjadi  8 rest area tipe A dan 8 rest area tipe B,” sambungnya. 

Setiap rest area akan diawasi anggota kepolisian.Setiap rest area akan dibatasi 50 persen kendaraan yang masuk. 

“Nanti sisanya kendaraan akan dialihkan ke rest area berikutnya,” jelas dia. 

Nantinya kepolisian pun akan bekerjasama Dinas Perhubungan, Jasamarga, TNI, gugus tugas penanganan corona dan satuan lainnya. Hal ini salah satunya dilakukan agar tak terjadi peningkatan kasus corona. 

” Jangan sampai ada pelimpahan arus kendaraan menimbulkan kenaikan angka corona,” tandasnya. 

Sementara itu Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan salah satu yang menjadi penanganan pihaknya dalam pengamanan arus mudik yaitu antisipasi pencegahan penyebaran corona. Pihaknya bersama petugas gabungan akan menggelar yustisi protokol kesehatan. (Red-RS)

Repost kuasakata.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *