Jembatan Poncol Berlubang, Arus Lalu Lintas Pejagan-Purwokerto Terganggu

Berita Road Safety

BREBES. Badan jembatan poncol di Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, yang merupakan penghubung jalur dari arah Pejagan, Brebes menuju Purwokerto, Jawa Tengah ambrol dan berlubang. Kerusakan tersebut berada di bagian tengah jembatan dengan ukuran sekitar panjang dua meter dan lebar satu setengah meter.

Akibat kerusakan pada badan jembatan, arus lalu lintas kendaran dari dua arah terganggu. Kepala pelaksana jalan nasional wilayah 1 Jawa Tengah, Javid Huriyanto, menyampaikan, jembatan poncol yang amblas ini, dipicu karena usia yang sudah tua. Dibangun pada tahun 1989, sehingga perlu pemeliharaan secara berkala.

Sementara itu, pemeliharaan rutin sudah dilakukan penambalan lubang kecil dan pengencangan baut. Adapun untuk pekerjaan berkala, karena pada tahun ini ada pandemi Covid-19, semua anggaran telah dialihkan. Menurut rencana jembatan akan dilakukan renovasi untuk memperbaiki struktur konstruksi.

Mengantisipasi terjadinya kemacetan yang disebabkan badan jembatan berlubang petugas dari satlantas Polres Brebes melakukan rekayasa lalu lintas. Pengalihan arus dilakukan untuk dari arah selatan atau Purwokerto, ke jalur Prupuk, Klonengan, Tegal.

Sedangkan kendaraan yang dari arah barat atau Jakarta, baik yang dari jalan tol Pejagan-Pemalang atau pantura simpang Pejagan, dialihkan lewat jalur pantura Brebes-kota Tegal dan Kabupaten Tegal.

Akses jembatan ini merupakan jalur penghubung jalan pantura Brebes menuju ke jalur selatan dan sebaliknya. Kendaraan melalui jalan pantura Brebes atau simpang tiga Pejagan maupun tol menuju ke Purwokerto dan Yogyakarta. (Red-RS)

Direpost dan rewrite dari *Kompas.tv

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *