Kampanyekan Gerakan Pakai Masker, Satlantas Trenggalek Gandeng Komunitas Pengemudi

Berita Road Safety

Polres Trenggalek. Jajaran Satlantas Polres Trenggalek menggandeng komunitas baik truk angkutan umum untuk ikut dalam kampanye pemakaian masker.

Beberapa truk maupun kendaraan umum yang melintas di Kabupaten Trenggalek tertempel stiker berukuran besar dengan dasar biru berlogo Polda Jatim dan Satlantas bertuliskan “Ayo pakai masker”.

Stiker ini dipasang di depan atau di belakang kendaraan, sehingga mudah dilihat dan terbaca oleh masyarakat.

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K., menuturkan, ide menggandeng komunitas pengemudi tersebut berawal dari mobilitas kendaraan yang terbilang cukup tinggi. Tidak hanya di seputaran Trenggalek, kendaraan truk saat membawa muatan ekonomis berupa sayur mayur maupun logistik lainnya juga bisa menjangkau lintas kota atau propinsi.

Demikian pula kendaraan umum seperti MPU dan bus dimana trayek yang dilaluinya adalah lintas kecamatan dan kota.

“Kami sengaja merangkul para pengemudi agar ikut ambil bagian dari kampanye protokol kesehatan. Selain menjadikan para pengemudi ini pelopor keselamatan berlalu lintas, mereka juga jadi agen perubahan dan teladan dalam adaptasi kebiasaan baru, yakni dengan mematuhi protokol kesehatan,” jelas AKP Randy.

“Seluruh kendaraan operasional Satlantas juga kita pasang stiker yang sama, berisi ajakan pakai masker dan patuhi protokol kesehatan,” tambahnya.

Perwira menengah alumni Akpol tahun 2010 ini menegaskan, dengan pelibatan komunitas pengemudi ini diharapkan disiplin masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai Covid-19 semakin tinggi sebagaimana diatur dalam Inpres nomor 6 tahun 2020, Perda Jatim nomor 2 tahun 2020, Pergub Jatim nomor 53 tahun 2020 dan Perda Kabupaten Trenggalek nomor 31 tahun 2020.

“Covid-19 ini bisa dicegah dengan komitmen kuat kita bersama termasuk peran dari para pengemudi dalam mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak aman,” imbuhnya.

AKP Randy juga menuturkan bahwa pemasangan stiker ajakan pakai masker ini akan terus dikembangkan dengan melibatkan komunitas lainnya seperti komunitas becak, ojek dan lain-lain. (red-RS)

Sumber: humas.polri.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *