Kapolres Simalungun Imbau Pengendara Hati-hati, Berikut Ini Pemetaan Jalur Rawan Longsor

Berita Keselamatan 2020 Road Safety

SIMALUNGUN.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo mengimbau masyarakat pengguna jalan umun lintas ProVinsi yang melintasi dari wilayah Kabupaten Simalungun agar tetap waspada, dan berhati-hati.

Hal ini kata dia, disebabkan cuaca ekstrim musim penghujan, mengakibatkan banyaknya jalur lalulintas di wilayah Kabupaten Simalungun rusak dengan meluapnya air dari aliran sungai di beberapa daerah.

Kapolres juga memetakan jalan rusak dan rawan longsor di Simalungun, diantaranya Jalan Lintas Siantar-Parapat Km 12 Kelurahan Balata, Kecamatan Jorlang Hataran. Jembatan Sungai Andarasi Nagori Parbalogan, Kecamatan Tanah Jawa. Jembatan Sungai Tongguran, Pekan Tanah Jawa, Kelurahan Pematang Tanah Jawa, Kecamatan Tanah Jawa. Jalan P.Nunut Raya Kahean, tepatnya di perbatasan antara Nagori Bangun Raya Dan Kelurahan Sindar Raya Area Jembatan Bah Sombu.

Kapolres Simalungun mengatakan, bahwa kerusakan jembatan dan jalan tersebut disebabkan oleh curah hujan yang cukup tinggi, dan volume air dibawah jembatan naik serta mengikis tanah yang ada dibawah jembatan tersebut.

“Untuk sementara dapat kita informasikan bahwa debit air saat ini masih normal dan kita sudah siap siagakan para personil Polres Simalungun bersama dengan unsur TNI, BPBD, Dinas Kesehatan dan Kemen PU PR, agar cepat tanggap apa bila terjadi kembali hujan yang dapat mengakibatkan longsor/bencana alam di wilayah Kabupaten Simalungun,” ucap Kapolres, Minggu (22/11/20).

Kapolres menjelaskan, dalam proses perbaikan jalan, Polres berlakukan jalur lalu lintas buka tutup, dan diharapakan agar kepada masyarakat pengguna jalan dapat memperlambat laju kendaraan dan bersabar saat melintas di jalur tersebut.

Kapolres juga mengingatkan, kepada pengguna kendaraan agar memastikan kendaraan yang digunakan masih layak dikendarai, periksa semua perlengkapan, perhatikan pengaman, rem, lampu, juga jangan lupa pakai safety belt yang menaiki kendaraan mobil.

“Wilayah lalu lintas di Kabupaten Simalungun baru terjadi kasus kecelakaan yang menonjol, untuk itu mari bersama-sama kita menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada,  gunakan segala perlengkapan keamanan berkendara,” sebut AKBP Agus.

Kapolres juga meminta agar masyarakat menginformasikan kejadian-kejadian seperti bencana alam, laka lantas, dan lain sebagainya yang membutuhkan kehadiran kepolisian dengan cepat dan tanggap melalui Aplikasi Horas Paten. (Red-RS)

*Repost mistar.idm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *