Komisi V DPR RI Apresiasi Tugas Polri Dalam Pengamanan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2020

Berita

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M.H menghadiri Rapat Kerja Evaluasi Penanganan Arus Mudik dan Balik Lebaran 1441 H/Tahun 2020, Rabu (1/7/2020). Dipimpin oleh Lasarus sebagai Ketua Komisi V DPR RI, dan dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Sekjen Kemen PUPR Ibu Anita.

Kakorlantas mengatakan bahwa penanganan arus mudik dan balik lebaran tahun ini pelaksanaannya lebih khusus dan spesial. Kegiatan dengan Operasi Kemanusiaan digelar pada masa pandemi Covid-19 berlangsung, selain itu pelaksanaannya juga lebih lama dibandingkan pada Tahun 2019.

“Pelaksanaan Operasi Ketupat Tahun ini digelar selama 45 hari dengan jumlah personil gabungan TNI-Polri serta instansi terkait ada sekitar 175 ribu, dengan fokus pengamanan pada pelarangan mudik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” Jelas Kakorlantas kepada Komisi V DOR RI.

Kakorlantas juga menjelaskan bahwa selama Operasi Ketupat ada 146 titik cek poin atau penyekatan yang dilakukan, mulai dari Lampung hingga Jawa Timur. Dengan jumlah kendaraan yang berhasil diputar balikkan selama 45 hari pelaksanaan operasi ketupat sebanyak 78.455 untuk arus mudik dan 78.319 pada arus balik lebaran.

“Operasi ketupat ini adalah operasi kemanusiaan yang mengedepankan persuasif dan tindakan humanis dengan memberikan sanksi putarbalikkan. Karena target operasi ini adalah mencegah masyarakat guna memutus mata rantai dan memperlancar arus lalu lintas untuk logistik. Dan mengelola Kamseltibcarlantas untuk perekonomian ekonomi masyarakat,” ujar Kakorlantas.

Sementara itu, Lasarus bersama seluruh anggota Komisi V DPR RI mengapresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Korlantas Polri bersama Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR serta instansi terkait.

“Kami mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR yang tetap menjalankan tugas pengabdiannya ditengah pandemi Covid-19, dalam pengamanan mudik tahun ini,” kata Lasarus.

Lasarus bersama anggota Komisi V DPR RI berharap dalam masa New Normal saat ini, Pemerintah bisa lebih tegas dalam menerapkan aturan serta untuk memperbaiki pola koordinasi antar instansi

“Tingkatkan terus koordinasi di bidang infrasturktur dan transfortasi, terlebih di masa new normal ini, demi tercipta tatanan hidup yang baik,” pungkas Lasarus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *