Polantas Bojonegoro Gelar Latihan Penanganan Kecelakaan Lalu-Lintas

Berita Road Safety

Bojonegoro – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bojonegoro, menggelar pelatihan Penangganan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) dan Standard Operasional Prosedur (SOP) dalam kasus kecelakaan lalu-lintas tabrak lari. Kamis (12/11/2020).

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para personel dan untuk mengukur ketrampilan personel di lapangan saat menangani atau memberikan pertolongan kecelakaan lalu-lintas (laka-lantas).

Kegiatan pelatihan yang digelar di Kantor Sat Lantas Polres Bojonegoro tersebut dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Heru Sudjio Budi Santoso SH, diikuti para perwira Sat Lantas, personel Sat Lantas Polres Bojonegoro dan polsek jajaran.

Kasat Lantas AKP Heru Sudjio mengatakan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi beberapa kasus kecelakaan lalu-lintas yang terjadi di Bojonegoro, yang membutuhkan penanganan awal. Agar tidak terjadi fatalitas di tempat kejadian perkara (TKP). Selain itu, pelatihan tersebut juga untuk meningkatkan kemampuan dan mengukur ketrampilan personel di lapangan saat menangani kejadian laka lantas.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran kepada personel yang berada di lapangan pada saat terjadi suatu keadaan darurat yang menimpa warga masyarakat,” kata Kasatlantas Polres Bojonegoro, AKP Heru Sudjio Budi Santoso.

Menurut Kasat Lantas, hal tersebut perlu dilakukan demi meningkatkan kemampuan personel sat lantas Polres Bojonegoro dan polsek jajaran, dalam menangani pertolongan pertama pada keadaan darurat ketika terjadi kecelakaan lalu-lintas, yang mengakibatkan korban luka sehingga harus mendapat penanganan awal supaya tidak terjadi fatalitas korban di TKP.

“Supaya anggota mengerti dan mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada gawat darurat terhadap korban kecelakaan lalu lintas ataupun situasi-situasi gawat darurat lainnya yang terjadi.” kata Kasat Lantas.

AKP Heru Sudjio berharap, dengan digelarnya kegiatan tersebut nantinya personel baik dari Sat Lantas Polres Bojonegoro maupun polsek jajaran, sudah siap bila ada suatu kejadian kecelakaan ataupun gawat darurat lainnya, yang mengakibatkan luka berat, sehingga personel mampu untuk melakukan penanganan awal

“Jadi apabila terjadi peristiwa bisa mengurangi risiko fatalitas terhadap korban kecelakaan ataupun korban gawat darurat lainnya.” kata Kasat Lantas.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadirkan pemateri, untuk Penangan Pertama Gawat Darurat disampaikan oleh Tim PPGD STIKes Insan Cendekia Husada (STIKes ICsada) Bojonegoro, dan untuk materi tentang TPTKP disampaikan oleh Tim Laka Lantas Polres Bojonegoro.

Di akhir latihan, dilakukan penyerahan kelengkapan TPTKP Laka Lantas kepada para peserta. (red-RS)

Repost kumparan.com

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *