Polda Metro Jaya Ringkus 10 Pelaku Begal Sepeda

Berita Road Safety

Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 10 tersangka pelaku pembegalan pesepeda dari 6 kasus di sejumlah daerah di DKI Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan para tersangka pembegal sepeda yang berhasil diamankan di wilayah hukum Polda Metro itu rata-rata pengangguran.

“Sebanyak 10 orang pelaku yang berhasil kita amankan itu rata-rata mereka adalah pengangguran,” ujar Irjen Nana di Polda Metro, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Ia menuturkan, para tersangka yang diamankan itu merupakan perorangan bukan kelompok maupun geng yang terbentuk.

“Mereka melakukan aksinya itu perorangan tidak ada kelompoknya,” katanya.

Adapun titik-titik wilayah penangkapan pelaku begal tersebar di beberapa kawasan Jabodetabek.

“Kejahatan itu terjadi di Tanjung Priok, Jakarta Utara satu kasus, kawasan Menteng, Jakarta Pusat dua kasus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan satu kasus. Serta Penjaringan, Jakarta Utara, dan Ciputat, Tangerang Selatan dengan masing-masing satu kasus,” jelasnya.

Nana juga menyebut, kejahatan terjadi karena ada kesempatan dan niat.

“Karena niat saja dan kesempatan tidak ditemui itu tidak akan terjadi. Kalau korbannya selalu menunjukkan dia bawa handphone saat bersepeda itu tentunya memancing pelaku untuk melakukan pembegalan itu,” bebernya.

Atas perbuatannya kini para tersangka dijerat Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman pidana selama 9 tahun penjara. (Red-RS)

Repost wartalika.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *