Polda Sulut Adakan Latihan Jelang Operasi Zebra 2020, Kapolda Sulut Imbau Kedepankan Peringatan

Berita

Manado, Sulut – Operasi Zebra Samrat 2020 akan digelar sebentat lagi. Polda Sulut menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Zebra Samrat 2020 di Aula Tribrata, Polda Sulut, Jumat (23/10/2020).

Dalam arahannya, Kapolda Sulut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan bahwa operasi ini digelar untuk mewujudkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas.

Selain itu pelaksanaan Operasi Zebra 2020 ini juga untuk menghadapi berbagai agenda seperti pencegahan Covid-19, unjuk rasa penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Pilkada 2020, persiapan menjelang Hari Raya Natal, termasuk hari libur nasional yang jatuh pada 28 Oktober 2020 hingga 31 Oktober 2020.

“Untuk melaksanakan operasi kita perlu melaksanakan latihan operasi. Bagaimana cara bertindak, apa yang harus dilaksanakan,” jelas Kapolda.

Ia juga mengingatkan agar para personel nanti lebih mengedepankan tindakan simpatik dan mengutamakan peringatan dibanding penindakan.

“Kita tidak boleh underestimate, saya berharap tidak sekedar pelaksanaan operasi, tapi masyarakat diberi pemahaman bagaimana memahami tata cara berlalu lintas yang baik,” kata mantan direktur penyidik KPK ini.

Ia juga berharap agar Operasi Zebra ini bisa menjadi sarana edukasi kepada masyarakat, evaluasi sarana dan prasarana jalan, serta evaluasi kerawanan yang terjadi di masyarakat.

Selain itu Panca meminta agar para personel kepolisian siap siaga jika terjadi bencana alam sewaktu-waktu.

“Kita berharap itu tidak terjadi dan Polri harus siap untuk mengantisipasi berbagai bencana alam. Kita harus siap personil dan peralatannya,” pungkas Kapolda.

Rencananya, Operasi Zebra Samrat akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 26 Oktober 2020 sampai 8 November 2020.

sumber https://tribratanews.polri.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *