Polisi Buat Skenario Lalu Lintas Untuk Antisipasi Macet Libur Panjang Idul Adha

Berita

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya membuat skenario lalu lintas untuk mengantisipasi meningkatnya volume kendaraan pada hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Dirl antas Polda Metro Jaya (Kombes. Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P) mengatakan, skenario lalu lintas yang telah disiapkan yakni contraflow dan one way pada ruas jalan tol jika mengalami kepadatan lalu lintas.

“Kemudian kalau ada kecelakaan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated, maka skenario kedua kita akan coba nanti laksanakan contraflow,” ucap Dir lantas Polda Metro Jaya.

Ia menjelaskan, polisi juga akan memberlakukan satu arah atau one way jika skenario contraflow tidak dapat mengatasi kepadatan lalu lintas.

“Kalau ternyata contarflow juga tidak bisa menolong, skenario terakhir tentu kita akan laksanakan one way,” tambahnya.

Namun, pemberlakuan skenario itu akan dikoordinasikan dengan Korps Lalu Lintas Polri. Hal itu karena aturan yang akan diberlakukan itu terjadi di ruas perbatasan seperti Banten dan Jawa Barat.

“Apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor ke Karawang. Atau Polda Banten kali ini ke arah Tangerang, tetapi intinya kita siap,” tegasnya.

Polisi juga telah koordinasi dengan Jasa Marga untuk dapat melakukan buka tutup rest area di ruas jalan tol guna mengurangi kepadatan.

“Misalnya ternyata antrean untuk mengisi bensin beristirahat di area KM 19 membeludak sehingga menutup arus ke arah timur tentu kita akan melaksanakan buka tutup,” pungkasnya.

(PoldaMetroJaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *