Polisi Halau 3.156 Kendaraan Pemudik Saat Akan Masuk Jatim

Berita

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur mencatat terdapat 3.156 kendaraan yang hendak memasuki Provinsi Jatim dihalau untuk putar balik ke daerah asal selama 6 hari pemberlakuan larangan mudik.

Sebanyak 3.156 kendaraan tersebut terjaring di delapan pos penyekatan yang didirikan Ditlantas Polda Jatim sejak 24 April 2020 kemarin. Dari jumlah tersebut hingga Rabu (29/4/2020) total ada 1.017 unit sepeda motor, 1.919 mobil pribadi, dan 220 angkutan barang maupun angkutan umum.

Wakil Direktur Ditlantas Polda Jatim AKBP Pranatal Hutajulu mengatakan, ribuan kendaraan yang dipukul mundur itu dilakukan berdasarkan Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19), yang mulai diberlakukan sejak 24 April 2020.

“Jadi saat kami lakukan pemeriksaan, kita imbau kita beri arahan, ribuan kendaraan itu mau putar balik,” kata Pranagal, Kamis (30/4/2020) malam.

Meski demikian, pihaknya akan terus memantau, mengawasi dan melakukan pemeriksaan secara ketat agar pemudik yang berusaha masuk ke Jawa Timur bisa dihalau.

Pranagal menambahkan, masih banyak masyarakat yang nekat mudik secara sembunyi-sembunyi dengan berbagai macam upaya, termasuk dengan berusaha mencoba mengelabuhi petugas.

“Nanti kami lakukan upaya pemeriksaan secara ketat, karena kemarin (di Surabaya) ada (pemudik) yang menyelundup lewat mobil barang. Jadi kita perintahkan agar mobil-mobil barang dicek juga,” ujarnya.

sumber : korlantas.polri.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *