Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Bandung saat Libur Panjang Akhir Oktober

Berita Road Safety

Polrestabes Bandung, Jawa Barat akan melakukan rekayasa lalu lintas saat libur panjang akhir Oktober 2020. Tujuannya untuk mengantisipasi kepada arus kendara di sejumlah titik di Kota Bandung.

Namun, rekayasa lalu lintas tersebut diterapkan secara situasional, tergantung situasi. Jika telah terjadi kemacetan dan antrean panjang kendaraan, sejumlah ruas jalan alternatif bisa digunakan para pelancong.

“Petugas akan mengarahkan mereka ke jalan alternatif tersebut untuk mengurai kemacetan,” kata Kasatlantas Kompol M Rano Hadiyanto di Mapolrestabes Bandung, Kamis (22/10/2020).

Kompol M Rano Hadiyanto mengatakan saat kepadatan arus kendaraan terjadi, misalnya di jalur arah kawasan wisata Lembang, Satlantas Polrestabes Bandung akan berkoordinasi dengan Polres Cimahi.

Jika Polres Cimahi akan melaksanakan cara bertindak satu arah atau one way, Satlantas Polrestabes Bandung akan mendukung di kawasan perbatasan di Ledeng, Setiabudi, Kota Bandung.

Saat kemacetan semakin parah meski rekayasa one way telah diterapkan, petugas melakukan beberapa pengalihan arus kendaraan ke jalan-jalan alternatif.

“Kalau one way (satu jalur) tidak dilakukan, sedangkan sudah terjadi kepadatan arus kendaraan yang mengarah ke Setiabudi, (kendaraan) dari bawah kami belokkan ke kiri ke Jalan Sersan Bajuri,” ujar Rano.

Kompol M Rano Satlantas Polrestabes Bandung mengerahkan 200 personel untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas.

“Anggota akan berjaga di titik-titik menuju tempat wisata. Misalnya di sepanjang Jalur Setiabudhi dan Sukajadi menuju Lembang,” tutur Kompol M Rano.

Petugas juga melakukan penjagaa di gerbang tol masuk ke Bandung, seperti Pasteur, Kopo, Moh Toha, dan Buahbatu. Lalu di kawasan Dago dan sepanjang jalan LLRE Martadinata atau Riau.

“Kami juga diback up jajaran polsek. Khususnya di gerbang tol akan dilakukan pengaturan,” kata Kasatlantas. (Red-RS)

Rep jabar.inews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *