Proyek Pembangunan KA Cepat Jakarta-Bandung Dimulai, Pengguna Jalan Tol Diharapkan Berhati-hati

Berita Keselamatan 2020

Jakaarta. Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan pelakasanaan pekerjaannya mulai (23/11/2020). Untuk itu pengguna kendaraan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, harap berhati-hati.

Proyek yang dimaksud adalah pekerjaan struktur Pier P132-1 yang lokasi tepatnya terletak di Ramp Gerbang Tol (GT) Cikunir 2. Widiyatmiko Nursejati, General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division mengatakan, adanya pekerjaan tersebut berpotensi menggangu arus lalu lintas Jalan Tol Ruas Jakarta-Cikampek.

“Khususnya dari arah Cikampek yang akan menuju Tanjung Priok atau Pondok Indah (JORR). Karena itu akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas pada lokasi proyek tersebut,” ucap Widiyatmiko dalam keterangan resminya, Minggu (22/11/2020).

Persiapan mitigasi risiko untuk mengantisipasi kepadatan dilakukan dengan pengaturan arus lalu lintas menjelang area kerja. Hal tersebut di dukung dengan pemasangan rambu-rambu darurat selama pekerjaan, serta mempersiapkan bukaan akses (sodetan) yang dapat dioperasikan bila kondisi darurat.

Bersamaan dengan itu,dalam rangka meningkatkan kualitas jalan dan kenyamanan serta keamanan pengguna jalan tol, pekerjaan rekonstruksi rigid pacement di ruas Jakarta-Cikampek akan dilakukan. Lokasi pekerjaannya berada pada KM 33+375 sampai KM 33+415 jalur arah Cikampek lajur 1 dan 2 dengan panjang penanganan 40 meter. Pekerjaan dilaksanakan mulai Senin (23/11/2020) pukul 08.00 WIB sampai Jum’at (27/11/2020) pukul 04.00 WIB. 

“Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan tersebut. Beberapa mitigasi risiko juga sudah disiapkan, seperti penutupan lajur pada lajur 1 KM 33+375 sampai KM 33+415 jalur arah Cikampek, mempersempit area kerja pada lajur 2, dan pemasangan spanduk imbauan pekerjaan,” kata Widiyatmiko.

Pemberlakukan persiapan contraflow juga disiapkan bila kondisi sudah padat dengan berkoordinasi langsung dengan kepolisian Patroli Jalan Raya (PJR) serta PT Jasamarga Tollroad Operator.

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *