Puncak Arus Balik Libur Panjang, Jasa Marga Rekayasa Lalin

Berita Peristiwa Road Safety

Cikampek (1/11). PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus kendaraan menuju Jakarta pada libur panjang, terjadi pada Minggu (1/11/2020). Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar menghindari jam-jam padat pada sore-malam hari.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan ada sekitar 208.134 kendaraan menuju Jakarta, meningkat sekitar 29% dari lalu lintas (lalin) new normal.

“Angka prediksi tersebut, merupakan angka kumulatif lalin yang akan memasuki Jakarta dari Gerbang Tol (GT) Barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), dengan mayoritas pengguna jalan berasal dari arah Timur,” ujar Dwimawan Heru, Minggu (1/11/2020).

Dia mengatakan, Jasa Marga mencatat hari pertama arus balik libur panjang sekitar 160.204 kendaraan telah kembali ke Jakarta pada hari Sabtu (31/10) kemarin. Angka ini, naik sekitar 36% dari lalin new normal.

Heru mengimbau pengguna jalan jarak jauh, terutama yang berasal dari arah Timur, yang tetap akan melakukan perjalanan hari ini agar dapat mempersiapkan perjalanan dengan jauh lebih baik lagi. Selain itu, pengendara diminta tidak perlu mampir di rest area Tol Jakarta-Cikampek karena kepadatan yang berpotensi terjadi di beberapa titik di jalan tol tersebut, yaitu di Simpang Susun Dawuan KM 66 serta titik-titik jelang rest area KM 62 dan KM 52.

Jasa Marga menyiagakan petugas dan prasarana untuk mendukung upaya dalam mencairkan lalu lintas di lokasi-lokasi rawan kepadatan tersebut. Kami juga menyiapkan perambuan dan personel untuk rencana pelaksanaan rekayasa lalu lintas contra flow atas diskresi Kepolisian, buka tutup rest area jika terdapat antrean kendaraan serta pengalihan kendaraan angkutan barang sumbu 3 atau lebih menuju Jakarta.

Rekayasa Lalin
Untuk mengurai kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contra flow mulai dari KM 65 hingga KM 47 arah Jakarta sejak pukul 13.53 WIB.

Dengan diberlakukannya contra flow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Tol Jakarta-Cikampek. (Red-RS)

Repost beritasatu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *