Ribuan Warga Jakarta Antusias Ikut Layanan Rapid Test Gratis Polri Saat CFD

Berita

Dalam memperingati hari Bhayangkara ke-74, Polri melalui Polda Metro Jaya menggelar rapid test Covid-19 gratis di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/6).

Gelaran rapid test gratis sekaligus bersamaan pada kegiatan perdana car free day di tengah di masa PSBB transisi. Rapid test dilakukan sejak pukul 06.00 WIB dan melibatkan 88 tenaga medis.

Kapusdokkes Polri Brigjen Rusdianto mengatakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Kedokteran dan Kesehatan Mabes Polri, RS Polri Kramatjati, Kesehatan Kodam Jaya, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Kesehatan Pemda DKI Jakarta tersebut ditargetkan dapat melayani 1.000 orang.

“Dengan menunjukkan KTP, masyarakat dapat mendaftar untuk mengikuti rapid test ini secara gratis dan hasilnya dalam waktu 10 menit dapat diketahui,” jelas Rusdianto.

Selain itu, hasil rapid test tersebut nantinya juga dapat digunakan sebagai syarat perjalanan ke luar kota menggunakan moda transportasi darat. Sedangkan untuk masyarakat yang menggunakan pesawat terbang, surat tersebut berlaku hanya tiga hari.

Kabiddokkes Polda Metro Jaya Kombes Umar Shahab menuturkan pihaknya akan melakukan edukasi dan mengarahkan peserta rapid test untuk isolasi mandiri jika diketahui positif atau reaktif dalam tes tersebut.

“Apabila ditemukan hasil tesnya reaktif akan dilakukan isolasi mandiri dan edukasi,” tutur Umar.

Selama proses, warga wajib menjalankan protokol kesehatan. “Mereka harus mencuci tangan dan menjaga jarak selama antre untuk pengambilan sampel tes darah hingga pengambilan surat keterangan hasil rapid tes,” tandasnya.

sumber : ntmcpolri.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *