Road Safety Policing Model Pemolisian Pada Fungsi Lalin di Era Digital

Road Safety

Road Safety Policing merupakan pemolisian pada upaya-upaya mewujudkan lalu lintas yang aman, selamat, tertib dan lancar.

Hakekat dari Road Safety Policing adalah pada meningkatnya kualitas keselamatan dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan. Terbangun budaya tertib berlalu lintas dan adanya pelayanan prima di bidang lalu lintas angkutan jalan.

Di era revolusi industri 4.0, seluruh pelaksanaan kewenangan dan fungsi Kepolisian dalam lalu lintas berbasis elektronik dan digital.

Upaya pemolisian di bidang road safety, pertama dengan sistem online melalui TMC (Traffic Management Centre), SSC (Safety and Security Centre), ERI (Electronic Registration and Identification), SDC (Safety Driving Centre), INTAN (Intelligence Traffic Analysis), Smart Management dan Cyber Cops.

Kedua, untuk membangun petugas polantas yang profesional, cerdas, bermoral dan modern adalah dengan membangun literasi keselamatan berlalu lintas, pelatihan keselamatan berlalu lintas, membangun tim transformasi yang berisi perwakilan pemangku kepentingan yang membantu dan membangun ARSI (Asosiasi Road Safety Indonesia).

Ketiga, program-program penting bagi road safety di bidang keamanan dan keselamatan, bidang penegakan hukum, bidang registrasi dan identifikasi, bidang operasional, di bagian merancang dan maintenance up grade dan up dating system IT for Road Safety yang berbasis AI dan IOT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *