Ruas Jalan di Malinau Terputus Akibat Longsor

Berita Peristiwa

Malinau, Kaltara – Ruas jalan Trans Kalimantan dari Malinau menuju Paking dan Krayan longsor. Sehingga mengakibatkan jalan terputus dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Kepala Dinas PUPR Malinau Dr. Tomi Labo membenarkan kejadian longsor tersebut. “Ya, benar saya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa jalan trans Kalimantan di Sungai Gita masuk ke Desa Paking longsor dan jalan.”

Menurut dia, terputusnya ruas jalan trans Kalimantan itu kemungkinan akibat curah hujan sehingga, terjadi longsor cukup besar.

“Memang sebelumnya juga di sekitar lokasi terjadi longsor. Karena intensitas hujan cukup tinggi, sehingga terjadi abrasi di aliran sungai,” jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa laporan kejadian longsor tersebut sudah ditindaklanjuti dengan turun ke lapangan melakukan investigasi.  Selanjutnya, langkah jangka pendeknya, pihaknya membuka akses jalan agar masyarakat Desa Paking bisa menuju ke perkotaan.

“Sesuai arahan dari Plt Bupati Malinau, kami sudah mulai membuka akses dari jalur Desa Paking menuju Simpang Sentaban,” ucapnya.

Dia mengatakan, jalur itu memang ada jembatan tetapi belum dapat diakses kendaraan roda empat. Karena itu, pihaknya sudah mengarahkan kendaraan alat berat melakukan pembenahan di jalur itu sebagai tanggap darurat.

“Jadi kendaraan alat berat kita di Desa Luso dan Sembuat Warok sudah kita bawa ke sana untuk melakukan pembersihan jalur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Paking Karbeyanto Padan mengatakan, bahwa kejadian longsor itu mengakibatkan jalan Trans Kalimantan terputus di Kilometer 25. Ruas jalan ini dari Malinau menuju Krayan.

“Kalau dilihat jalan terputus itu bukan lagi di bahu jalan. Tapi badan jalan yang lebarnya kurang lebih 50 meter. Kami juga tidak tahu penyebabnya, apakah longsor dikarenakan hujan atau kondisi jalan yang tidak stabil,” ungkapnya. Karbeyanto mengatakan, bahwa jalan akses Trans Kalimantan sering digunakan sebagai arus mudik ke Malinau.

sumber https://ntmcpolri.info/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *