Satlantas Polrestabes Palembang Kembali Amankan Puluhan Motor Berknalpot Racing

Berita Road Safety

Palembang – Dalam menindaklanjuti laporan masyarakat terkait pengguna knalpot racing dan balap liar, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polrestabes Palembang menggelar razia kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing, di Jalan Sudirman Kelurahan 18 ilir Kecamatan Ilir Timur 1.

Selain itu, giat tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya Curas, Curat dan Curanmor (3C).

Kasat Lantas Polrestabes Palembang, Kompol M Yakin Rusdi SIK mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan razia rutin di minggu ke enam, karena masih banyak  pengaduan dari masyarakat terkait masalah balap balap liar, kebut-kebutan dan pengendara yang memakai knalpot racing, khususnya di Jalan Jenderal Sudirman.

“Untuk target operasi (TO) malam ini, sama dengan target malam minggu sebelumnya, yaitu knalpot racing yang diduga digunakan buat balapan liar serta antisipasi untuk operasi lilin dan pam tahun baru 2021, supaya tidak mengganggu masyarakat pengguna jalan lain,” ujar kasat saat ditemui di lokasi.

Yakin Rusdi menjelaskan manfaat dalam melaksanakan razia gabungan dengan Polres dan Polsek. Dalam waktu dekat ini, Informasi terakhir untuk tindakan kriminal 3C sangat menurun di Kota Palembang.

“Untuk kendaraan yang diamankan ada sekitar lima puluhan dan memang perintah dari atasan bagi para pelanggar kendaraan, akan dikeluarkan setelah malam tahun baru di bulan Januari 2021,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, sanksi tersebut dilakukan karena sudah beberapa minggu pihaknya mengimbau kepada masyarakat, baik langsung ataupun lewat media sosial agar tidak menggunakan knalpot racing lagi, tetapi masih banyak juga yang terjaring.

“Sekarang kita sedang dilanda Covid-19, hendaknya masyarakat harus memenuhi standar protokol kesehatan (Prokes) dan tidak membuat kerumunan serta tetap mematuhi 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Agar Palembang ini tidak zona merah lagi, ayo kita kembalikan lagi Palembang ke zona hijau sehingga masyarakat kota Palembang semuanya sehat,” ungkapnya.

Terkait rencana pembuatan tugu knalpot atau pohon knalpot, Yakin Rusdi menjelaskan pihaknya akan menghitung terlebih dahulu jumlah knalpot. Pihaknya akan merilis dan akan mengundang pihak Pemerintah Kota Palembang untuk hadir dalam pemusnahan knalpot yang sudah diamankan pada giat razia.

“Memang rencananya akan dibuat tugu knalpot atau pohon knalpot,” tandasnya. (Red-RS)

*Rep humas.polri.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *