Satlantas Trenggalek Luncurkan DDI Laka Lantas

Berita

Trenggalek, Jatim – Tugas pokok satuan lalu lintas Kepolisian salah satunya adalah penanganan kecelakaan lalu lintas. Berdasarkan pengalaman proses penanganan mulai dari penyelidikan hingga penyidikan sering kali terkendala oleh kondisi baik korban maupun pelaku yang masih dalam kondisi belum sehat akibat fatalitas kecelakaan yang dialaminya.

Demikian pula dengan saksi yang terkadang tidak bisa menghadiri panggilan kepolisian untuk dimintai keterangan seputar kejadian kecelakaan karena kesibukan atau alasan yang lain.

Mendasari hal tersebut, Satlantas Polres Trenggalek berinisiatif membuat terobosan baru sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian bidang penanganan kecelakaan lalu lintas yang disebut dengan DDI atau Door to Door Investigation.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan DDI yang merupakan salah satu dari sekian banyak program unggulan Satlantas ini dirancang untuk mempermudah proses penanganan kecelakaan lalu lintas.

“Sifatnya pro aktif jemput bola. Jadi, petugas akan mendatangi rumah baik korban, pelaku maupun saksi yang berhalangan untuk dimintai keterangan terkait dengan peristiwa kecelakaan yang dialami.” Ungkap AKP Imam.

Masih kata AKP Imam, dengan DDI ini, proses penyelidikan maupun penyidikan kecelakaan lalu lintas menjadi lebih cepat dan proporsional sesuai dengan regulasi hukum penanganan kecelakaan lalu lintas.

Sementara itu, Kanitlaka Satlantas Polres Trenggalek Ipda Singgih M.S, mengatakan, untuk mendukung program DDI ini, pihaknya telah menyiapkan sarana prasarana yang memadai bagi masing-masing penyidik.

“Kami siapkan satu kendaraan khusus untuk mendukung mobilitas lengkap dengan laptop sebagai perangkat pendukung” Ujar Ipda Singgih.

Dengan DDI ini, lanjut Ipda Singgih, pihaknya berharap penanganan kecelakaan lalu lintas khususnya terkait proses penyelidikan dan penyidikan menjadi lebih cepat serta mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana slogan Mantap Polres Trenggalek yang berati Melayani, Terpercaya dan Profesional.

sumber https://humas.polri.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *