Siapkan Rekayasa Lalu Lintas, Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2021

Berita Road Safety

JAKARTA. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas, seperti contra flow maupun one way, dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021. Menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Rudi Antariksawan, salah satu titik yang menjadi prioritas adalah Tol Layang Jakarta-Cikampek. 

“Kami akan prioritaskan kendaraan dari tol elevated, nantinya di bawah bisa dilakukan contra flow dan pengurangan 1 lajur untuk memberi kendaraan yang turun dari elevated, karena lebih krusial jika terjadi hambatan di sana,” kata Rudi saat Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Lilin Tahun 2020, Jumat (27/11/2020), melalui keterangan tertulis. 

Titik lain yang menjadi fokus yakni tol Jakarta-Cikampek KM 41 dan pertemuan Tol Elevated di KM 47, serta di pertemuan Tol Kalihurip Utama dan Tol Cikampek Utama pada KM 66. Selain itu, Rudi menuturkan, rekayasa buka tutup juga rencananya diterapkan pada rest area. “Rest area juga kami imbau untuk menampung kapasitas 50 persen, di sana juga akan dilakukan buka tutup bila kapasitas sudah terpenuhi,” ujarnya. 

Adapun pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut dilakukan dalam operasi yang disebut Operasi Lilin 2020. Operasi itu akan digelar selama 15 hari sejak 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen (Pol) Kushariyanto menuturkan, pelaksanaan Operasi Lilin pada tahun ini mengedepankan kegiatan simpatik dan kemanusiaan. 

Ia juga berpesan agar anggota yang bertugas di lapangan selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19. “Kita sampai saat ini masih dihadapkan pada musuh yang tidak terlihat, jadi mohon di lapangan arahkan betul anggota untuk mempedomani prokes di masa pandemi ini,” kata Kushariyanto. (Red-RS)

*Direpost dari kontan.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *