Tekan Kecelakaan saat Nataru, Polisi Pasang Imbauan di Tol Semarang-Solo

Berita Road Safety

SEMARANG.

Satlantas Polres Semarang memasang sejumlah baliho di ruas tol Semarang-Solo, Sabtu (19/12/2020). Baliho ini berisi imbauan agar pengguna jalan meningkatkan kewaspadaan.

Kanit Laka Satlantas Polres Semarang, Ipda Wardoyo mengatakan, imbauan dipasang guna mengingatkan para pengendara selalu fokus dan waspada. “Terlebih saat terjadi hujan deras, ada sebagian jalan yang tergenang air,” kata Wardoyo, Sabtu (19/12/2020).

Sementara, baliho yang dipasang antara lain bertuliskan “Di depan tikungan mesra, kurangi kecepatan”, “Hati-hati musim hujan, hindari aqua planning genangan air”. Polisi meminta pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas dan hati-hati saat berkendara.

Apa lagi saat terjadi hujan deras, pengendara harus ekstra waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara saat liburan Natal dan tahun baru (Nataru) nanti, diprediksi ada peningkatan arus lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo dan jalan protokol.

Sehingga Satlantas Polres Semarang memberikan perhatian khusus. “Kami telah menyiapkan berbagai upaya untuk kelancaran arus lalu lintas, keamanan serta kenyamanan para pengguna jalan saat melintasi Kabupaten Semarang,” ujarnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat melakukan perawatan kendaraan bermotor secara berkala. Termasuk juga mengecek kelaikkannya setiap hendak digunakan bepergian. “Kelaikkan kendaraan bermotor harus diperhatikan dan dicek sebelum melakukan perjalanan,” jelasnya.

Contohnya, pengecekan kondisi ban, fungsi rem, lampu, serta kesehatan pengemudi. Apabila seluruh tahapan pengecekan kelaikkan dan kesehatan pengemudi dilaksanakan dengan baik dan rutin, dirinya yakin mampu mereduksi terjadinya kecelakaan di jalan raya. (Red-RS)

*Rep jateng.inews.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *